YOUTH FOR THE FUTURE

SELAMAT DATANG DI BLOG PMR UNIT SMPN 18 KOTA BOGOR

Rabu, 06 Oktober 2010

Wasir

Disebut juga sebagai hemoroid. Penyebabnya karena pembesaran pembuluh vena yang terletak pada anus. Ini menimbulkan nyeri dan gatal.
Hemoroid berasal dari bahas yunani haema berarti darah, dan fheein berarti mengalir.
Ada dua macam yaitu wasir dalam dan wasir luar. Wasir dalam biasanya tidak berasa dan hanya sering pendarahan serta tinja mengkeras. Tetapi lama-lama ia bisa menonjol keluar.
Ada empat derajat wasir dalam yaitu derajat 1 atau dini. Berupa buang air besar berdarah.
Derajat 2, ada tonjolan yang kelyuar sewaktu mengedan tetapi masuk lagi secara otomatis.
Derjat 3, tonjolan keluar sewaktu mengedan tetapi harus dengan tangan memasukkannya.
Derajat 4, tonjolan menetap.
Wasir luar atau hemoroid eksternal, selalu berada di luar. Gejalanya pendarahan. Nyeri bila terkena gesekan, dan bisa mengeluarkan lender yang gatal.

Mencegah Wasir
Untuk penyakit apapun kita sebaiknya ambil sikap mencegah daripada mengobati, daripada terlanjur sakit.
Pertama untuk mencegah ambeien atau wasir ini kita nharus mengubah perilaku pola hidup yang baik dan sehat. Juga perilaku buang air yang betul. Yaitu jangan menahan keinginan buang air besar. Dan jangan mengedan terlalu kuat.
Makanlah makanan yang banyak mengandung serat seperti jagung, umbi-umbian, bekatul, biji-bijian, buah dan sayur-mayur. Hindari makanan yang pedas-pedas. Jangan melakukan angkat beban berat. Olahraga secara teratur dan kurangi stress.

Penyembuhan Wasir
Biasanya penderita bisa sembuh dengan mengubah pola hidupnya. Untuk mengurangi penderitaan biasa digunakan obat pelunak tinja..Ada pula dengan suntikan skleroterapi.
Pun ada dengan pengikatan karet sehingga jadi layu dan putus. Juga dengan pemotongan sinar laser serta arus listrik, maupun infra merah. Bila lebih parah lagi barulah dilakukan pembedahan.
Untuk mengurangi nyeri bisa dipakai sale poles bius local. Dan ada beberapa penyembuhan tradisional. Antara lain dengan daun Jawer Kotok, daun Wungu, daun Duduk, Pegagan dan Kangkung.

Penyebab Wasir
Terjadi karena lemahnya bantalan penyangga anus. Juga karena tekanan dari rongga perut yang tinggi terus menerus.
Penyebabnya ada banyak seperti, keturunan, sembelit, penyakit yang membuat orang sering emngedan seperti melahirkan, prostate dan lain-lain. Kemudian karena peneknan pembuluh vena karena lemah jantung dan sebagainya. Juga karena bendungan rongga panggul karena kehamilan yang sering. Atau karena banyak duduk, olahraga angkat berat, mencret menahun serta orang yang sering hubungan seks di anus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar