YOUTH FOR THE FUTURE

SELAMAT DATANG DI BLOG PMR UNIT SMPN 18 KOTA BOGOR

Rabu, 06 Oktober 2010

SAKIT MAAG

Sakit Maag
Bila kita sering nyeri di ulu hati dan mual-mual itu berarti sakit maag. Dan sekarang hampir semua orang dari berbagai strata social, suku maupun usia banyak yang mengalaminya.
Keadaan yang sesungguhnya adalah terjadinya tukak lambung dan duodenum. Tukak adalah peradangan.
Permukaan dalam lambung dilapisi dan dilindungi oleh lapisan lender. Pada saat makanan dicerna maka dilumat oleh enzim peptin dan rennin serta asam lambung HCl. Kombinasi kesemuanya itu haruslah seimbang pada orang normal.
Bila tidak seimbang maka bisa terjadi kerusakan pada permukaan selaput lender atau mukosa tersebut. Hal itu yang menimbulkan nyeri. Bila terus maka akan jadi luka mukosa.
Tidak semua penderita merasakan reaksi nyeri dan mual tersebut. Ada yang tiba-tiba muntah darah atau buang air besarnya berdarah kehitaman.

Penanganan Sakit Maag
Penanganan sakit maag tergantung penyebabnya. Biasanya dengan pengurangan asam lambung dengan obat. Antibiotik digunakan bila ada infeksi bakteri.
Obat-obatnya adalah, antara lain Antasid, tyaitu obat penetralisir asam lambung. Biasanya juga untuk menghilangkan nyeri.
Acid Blocker digunakan untuk mengurangi jumlah asam lambung yang keluar. Seperti ranitidine.
Protone pump inhibitor digunakan untuk menghentikan kleuarnya asam lambung. Seperti omeprazole.
Cytoprotective Agent digunakan untuk melindungi jaringan selaput lendir lambung dan usus halus. Seperti sukralfat.
Antibiotik untuk menghancurkan bakteri bila sudah terinfeksi. Seperti Amoksilin.
Bahayanya Sakit Maag
Banyak orang menganggap remeh sakit Maag. Mereka piker paling-paling hanya mengganggu aktivitas dengan rasa nyeri lambungnya saja.
Tetapi ada yang lebih besar dari itu. Bila iritasi lambung dibiarkan saja tanpa pengobatan maka akan terjadi luka besar dan bisa borok.
Maka lama kelamaan dinding lambung bisa berlubang dan cairan luka serta isi lambung bisa menggenangi rongga perut. Sehingga bisa mengakibatkan pembusukan dan akhirnya kematian.
Penyebab Sakit Maag
Yang membuat orang terserang sakit lambung adalah, pola makan, jenis makanan, stress emosi, dan pemakaian obat, juga adanya luka pembedahan gagal ginjal serta alcohol dan rokok.
Bila orang yang tidak teratur makan akan sering lambung kosong sehingga terisi asam lambung yang akan mencerna. Hal itu mengakibatkan nyeri.
Makanan yang pedas-pedas dan asam juga bisa mengiritasi lambung bagian dalam.
Asam lambung juga akan meningkat bila orang stress. Misalkan cemas, takut atau diburu-buru.
Meminum obat-obatan juga menimbulkan tukak lambung sehingga akan nyaeri bila tersiram asam lambung. Oleh karena itu ada aturan untuk meminum obat setelah makan. Biasanya obat penghilang rasa sakit seperti aspirin dan ponstan, serta juga obat-obat rematik.
Maag dan Heksagonal
Sudah terbukti air heksagonal mempunyai manfaat menyehatkan dan menyembuhkan. Bila suatu luka dibasuh dan dikompres dengan air heksagonal maka hasilnya jadi cepat sembuh. Bahkan luka borok yang cenderung membusuk pun berangsur-angsur sembuh.
Karena air tersebut kaya akan oksigen dan biasanya sudah ditambahi kandungan belerang dan telah terionisasi. Sifat heksagonal itu sendiri yang menolak dan membunuh kuman lah yang mampu menyembuhkan sakit. Serta kecenderungan heksagonal yang tidak mau lengket dengan kotoran yang menjadikan air tersebut memulihkan kesehatan.
Maag adalah luka peradangan lapisan mukosa lambung. Oleh karena itu kurang lebih sama sepeti luka biasa. Yang bila terbasuh oleh air heksagonal akan segera pulih sembuh. Oleh karena itu dianjurkan bagi penderita maag agar sering mengonsumsi air heksagonal.
Sebab air yang banyak mengandung oksigen tersebut membunuh kuman penyakit. Karena mayoritas kuman adalah anaerob atau hidup pada kondisi yang minus oksigen. Oleh karena itu bila terbasuh air yang penuh oksigen maka bibit penyakitnya akan mati.
Selain itu kondisi airnya yang telah ditambahi kandungan belerang akan mampu menguatkan kondisi tubuh untuk kebal terhadap penyakit dan melawannya. Begitu juga dengan ion-ion listrik negatip pada air yang aktif, dia akan mampu memulihkan proses regenerasi sel-sel yang rusak. Sehingga tukak lambung segera pulih dan sembuh.
Ciri khas orang penderita tukak lambung bila meminum air heksagonal ini akan lebih sering buang air kecil. Itulah tanda proses pemulihan, sebab hasil pencernaan langsung diserap kering oleh usus halus dan cairan racunnya langsung disaring oleh ginjal dan dibuang dalam bentuk air kencing yang banyak. Itulah sifat heksagonal yang molekulnya halus sehingga mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan air biasa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar