YOUTH FOR THE FUTURE

SELAMAT DATANG DI BLOG PMR UNIT SMPN 18 KOTA BOGOR

Rabu, 06 Oktober 2010

MAKAN MAKANAN BERSERAT YUK.

Makanan berserat memang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia karena makanan yang mengandung banyak serat baik untuk kesehatan dan untuk mencegah sembelit. Penyakit yang satu ini memang tidak terlalu berbahaya tapi cukup merepotkan jika berlangsung dalam waktu lama. Tentunya teman-teman tidak mau kan mengalami penyakti yang satu ini. Makanan yang mengandung banyak serat biasanya berasal dari sayuran dan buah-buahan. Nah untuk menjaga pola konsumsi makan agar mengandung cukup serat bisa dilakukan dengan beberapa cara diantaranya (kompas) :

1. Membuat salad buatan sendiri karena sayuran dan buah yang digunakan merupakan kesukaan pribadi sehingga tentu saja rasanya lebih nikmat dan sehat.
2. Membuat salad buah sebagai pengganti snack ketika kita menonton televisi atau mendengarkan musik.
3. Membuat celupan buah ketika menikmati sajian salad di restoran.
4. Menambahkan kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang mede dan kacang kedelai karena kacang-kacangan bisa memberikan tambahan protein bagi tubuh.
5. Membuat jus buah dan membuang ampasnya memang hanya akan memberikan manfaat vitamin dan mineralnya, tetapi bukan manfaat seratnya. Maka, jika Anda ingin tetap ada asupan serat, minum juga ampas buahnya. Misalnya, jeruk keprok dengan kulit arinya. Saat membuat jus wortel, biasanya Anda akan mengambil sarinya saja. Sesekali, minum juga ampasnya.
6. Menambahkan rasa manis dengan memberikan madu, sirup maple, atau jus buah pada wortel rebus atau ubi rebus
7. Memanggang sayuran akan menonjolkan rasa manis dari sayuran tersebut. Potong-potong sayuran ini, campurkan dengan minyak canola, taburi dengan garam, lalu sebarkan di atas panci yang sudah dilumasi minyak. Panggang di dalam oven.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar