YOUTH FOR THE FUTURE

SELAMAT DATANG DI BLOG PMR UNIT SMPN 18 KOTA BOGOR

Rabu, 06 Oktober 2010

Kegunaan Makanan Berserat

Manusia mempunya siklus buang air besar kira-kira seminggu tiga kali. Bila kurang dari itu maka dapat disebut tidak normal. Yang baik bila satu kali sehari.

Ketidak normalan buang air besar biasanya karena kurang olah raga dan kekurangan asupan nutrisi yang benar. Nutrisi yang dibutuhkan di sini adalah makanan yang berserat.

Serat adalah komponen yang tidak hancur oleh enzim lambung penghancur makanan. Terdapat pada sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, padi-padian dan selulose atau zat agar-agar.

Dianjurkan konsumsi serat sebanyak 24 gram perhari atau 10-13 per 1000 kalori. Fungsinya mencegah kanker, mengurangi kelebihan kadar gula dalam darah, mengurangi kolesterol, dan menjaga lambung tetap terisi dan lambat kosongnya serta mncegah kegemukan.

Bila kekurangan serat maka biasanya pada orang di usia 50 an tahun akan terancam berbagai macam penyakit. Misalnya kanker usus besar yang merupakan kanker terbesar nomor tiga.

Selain itu ada macam-macam penyakit lain yang umum seperti sembelit dan wasir atau ambeien.

Sedangkan penyakit berbahayanya yang lainnya adalah yang disebabkan karena berlebihannya kolesterol yaitu stroke dan jantung koroner. Ada juga diabetes karena kadar gula darah meningkat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar