YOUTH FOR THE FUTURE

SELAMAT DATANG DI BLOG PMR UNIT SMPN 18 KOTA BOGOR

Senin, 27 September 2010

Penanganan Awal Luka Bakar Ringan

Apa yang mesti dilakukan jika kita atau orang disekitar kita mengalami luka bakar? Mungkin kita terbiasa mengolesi luka tersebut dengan pasta gigi, minyak, margarin, kopi, atau ramuan lainnya yang kita anggap ampuh. Tujuannya, supaya lukanya dingin, tidak nyeri, lekas sembuh, dll.

Ternyata, mengolesi luka bakar dengan bahan atau ramuan tersebut tidak menyelesaikan masalah, bahkan menambah masalah. Biasanya luka bakar jadi sukar dibersihkan, rentan terhadap infeksi (Marzoeki, 2007), bahkan penyembuhannya menjadi lebih lama.

Berikut langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan saat menemui kasus luka bakar :

1. Jauhkan anggota tubuh dari sumber panas.
2. Lepas pakaian atau perhiasan dari bagian yang terbakar. Pakaian atau perhiasan dapat menyimpan panas sehingga luka bakar menjadi lebih berat dan lebih luas.
3. Kompres luka bakar dengan air dingin atau menyiramnya dengan air mengalir selama 15-20 menit. Air dingin berfungsi menetralisir suhu dan mencegah perambatan panas ke jaringan yang lebih dalam, sehingga kerusakan jaringan tidak semakin dalam. Air dingin juga akan mengurangi rasa nyeri (Moenadjat, 2001).
4. Jika tersedia, luka dapat diolesi dengan obat oles seperti Bioplacenton®. Selain mengandung antibiotika, obat ini juga mengandung ekstrak plasenta yang mempercepat proses penyembuhan (Moenadjat, 2001).
5. Jika luka cukup parah atau rasa nyeri sangat hebat, silakan bawa ke pusat layanan kesehatan untuk mendapat pereda nyeri dan antibiotik serta obat dan tindakan yang dibutuhkan lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar