YOUTH FOR THE FUTURE

SELAMAT DATANG DI BLOG PMR UNIT SMPN 18 KOTA BOGOR

Senin, 01 Februari 2010

HIV – AIDS

Pengertian tentang HIV – AIDS

HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus adalah virus atau jasad renik yang sangat kecil yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Virus ini mudah mati di luar tubuh. Dalam tubuh manusia hanya bisa hidup dengan bantuan antibodi dalam tubuh manusia yaitu Limfosit T. AIDS singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome adalah sindrom atau sekumpulan gejala dan tanda penyakit akibat hilangnya atau menurunnya sistem kekebalan tubuh seseorang yang disebabkan oleh virus yang disebut HIV. Penderita AIDS yang meninggal, bukan semata-mata disebabkan oleh virus AIDS, tetapi juga oleh penyakit lain yang sebenarnya bisa ditolak, seandainya sistem kekebalan tubuh tidak rusak oleh virus AIDS.

Bagaimana HIV–AIDS Menular ?

o HIV–AIDS adalah penyakit yang saat ini belum dapat disembuhkan, tetapi dapat dicegah. HIV adalah penyebab AIDS, menyebar melalui kontak atau percampuran dengan cairan tubuh yang mengandung HIV.

o Melalui hubungan seksual dengan seorang yang mengidap HIV (75-85%), baik heteroseksual atau homoseksual (5-10%).

o Melalui transfusi darah dan transplantasi organ yang tercemar HIV (3-5%).

o Melalui alat/jarum suntik atau alat tusuk lainnya (akupuntur, tindik, tatto) yang tercemar HIV (5-10%).

o Ibu pengidap HIV kepada bayi.

AIDS merupakan tahap akhir infeksi HIV. Mereka yang terkena AIDS semakin lama akan semakin lemah karena badannya tidak mampu melawan penyakit / kuman penyakit. AIDS timbul setelah terinfeksi HIV 7–10 tahun (mereka merasa sehat, tetapi dapat menularkan virus kepada orang lain), sedangkan pada anak–anak dapat berkembang lebih cepat. AIDS tidak bisa disembuhkan tetapi obat–obatan baru dapat membuat penderita AIDS hidup lebih lama.

Hindari Perilaku Berisiko :

Perilaku berisiko agar dihindari, supaya peluang HIV masuk di tubuh kita menjadi kecil. Perilaku berisiko tersebut antara lain :

o Hubungan seks sebelum menikah, berganti–ganti pasangan.

o Menggunakan jarum suntik secara bersama–sama (bergantian) bagi pengguna narkoba akan meningkatkan risiko tertlarnya HIV–AIDS.

Hal Apa Yg Tidak Menularkan HIV?

o Bersenggolan dengan pengidap HIV

o Berjabat tangan

o Penderita AIDS bersin atau batuk di depan kita

o Sama–sama berenang di kolam renang

o Menggunakan WC/Toilet yang sama dengan pengidap

o Tinggal serumah dengan pengidap HIV

o Menggunakan piring makan bersama dengan pengidap

o Gigitan nyamuk atau serangga lainnya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar