YOUTH FOR THE FUTURE

SELAMAT DATANG DI BLOG PMR UNIT SMPN 18 KOTA BOGOR

Minggu, 01 Agustus 2010

TAWA DAPAT MEMPERPANJANG USIA ANDA

Mehmet C. Oz, M.D.

Sebagai seorang ahli bedah jantung di New York-Presbyterian Hospital dan di Columbia University Medical Centre, New York, seringkali saya harus memberikan kabar buruk kepada pasien ataupun keluarga yang menunggu. Salah satu cara yang saya pergunakan untuk meringankan beban adalah dengan menggunakan humor. Humor adalah alat bantu yang sangat kuat. Humor membantu pasien mengatasi ketakutan yang mereka hadapi, dan membantu agar mereka juga merasa lebih baik. Banyak sekali data yang menunjukkan bahwa pasien yang menderita depresi setelah operasi jantung memiliki tingkat kematian yang tinggi, sedangkan pasien yang optimis memiliki infeksi luka yang lebih sedikit. Tawa dapat memperkuat optimisme, dan tawa benar-benar obat terbaik.

Tawa mengurangi rasa takut. Banyak orang takut akan tubuh mereka sendiri, dan humor dapat membuka dan menghancurkan hambatan ini, dan membawa ketakutan yang ada pergi. Misalnya, saya pernah harus mengatakan kepada para pasien bahwa akan ada kemungkinan kemampuan belajar mereka akan sangat berkurang setelah operasi dilakukan. Mereka ketakutan, takut akan kemungkinan terburuk, jadi saya mencoba bercanda dan mengatakan bahwa efek yang terjadi sih nggak jauh dari sekedar lupa pelajaran SD kelas dua. Banyak orang mengerti apa artinya, dan membuat hal itu tidak tampak mengerikan lagi buat mereka.

Tawa membantu untuk meyakinkan. Setelah operasi, banyak pasien yang akan berkata: "Dok, dada saya sakit sekali," dan saya akan menjawab, sambil mengedipkan mata saya akan menjawab, "Ooo rasanya kaya dada kamu abis dibuka, terus ada orang yang macam2 di dalem kan?" kemudian tertawa. Hal ini meyakinkan mereka bahwa rasa sakit yang mereka alami sangat normal dan mereka akan baik2 saja

Tawa membuat anda merasa rileks. Prosedur medis semacam pembedahan sangat membuat anda stress. Ketika anda memaksa salah satu anggota badan anda mencapai maksimal, terkadang akan ada sedikit selip disana sini. Sehingga akan muncul detak jantung yang kacau, tekanan darah meningkat dan sensitifitas terhadap rasa sakit akan meningkat pula. Pada saat anda tertawa, sistem saraf yang ada akan secara otomatis menurunkan tingkat pemaksaan yang ada, sehingga jantung anda akan rileks, dan detak jantung kembali normal

Tawa membantu dokter anda. Bayangkan jika anda harus membawa berita buruk terus-terusan. Bagi banyak dokter, cara mengatasi ketegangan ini adalah dengan membuang sisi kemanusiaan mereka. Humor pada umumnya akan membantu anda mengatasi hal ini, dan humor akan membuat anda menikmati hidup!

Jadi, sudahkah anda tertawa hari ini?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar